Artikel

Alumni (Citra dan Kualitas Universitas)

Oleh : Irma Nurhikmah, S.Pd.

 

Satu hal yang menjadi sebuah keniscayaan, semua mahasiswa yang sukses menjalani masa pendidikan di Perguruan Tinggi pada akhirnya akan menjadi alumni. alumni merupakan bukti nyata keberhasilan proses pendidikan di suatu lembaga pendidikan. Alumni juga memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi bagi kejayaan almamater. Artinya, salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan alumni dalam menjalankan peran mereka di jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun berbagai bidang pekerjaan yang mereka jalani secara profesional sesuai minat dan kemampuan.

Alumni berperan penting dan memiliki posisi yang strategis, karena meskipun mereka tidak lagi terlibat dalam proses pendidikan dan kemahasiswaan di kampus, namun karena rasa memiliki mereka yang kuat dan pengalaman mereka selama menjadi mahasiswa, dapat memberikan kontribusi berupa inspirasi,ide saran, kritik dan masukan yang membangun. Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) bisa menjadi seperti saat ini bukan karena hebatnya Unida itu sendiri, tetapi merupakan hasil dari kerjasama dari banyak elemen sebagai stakeholder, termasuk keberadaan alumni. Maka para alumni Unida diharapkan memberikan sumbangsih bagi kemajuan Unida.

Alumni juga mampu berperan dalam masyarakat, karena alumni yang berprestasi dan memiliki kemampuan serta kompetensi yang tinggi dapat berperan untuk memainkan fungsi penting dalam membangun opini masyarakat sehingga dapat menarik minat para calon mahasiswa baru. Alumni menjadi hal penting, yang disadari atau tidak, dapat merupakan salah satu alasan utama yang mendasari keinginan dan keputusan para orang tua dan calon mahasiswa baru dalam menentukan pilihan perguruan tinggi yang tepat bagi mereka. Alumni Unida saat ini sudah menyebar diberbagai kota dan ada yang menduduki di beberapa tempat strategis. Keberadaannya tentu sangat membantu Unida dalam berbagai aspek. Para alumni yang telah menduduki berbagai posisi penting di negeri ini tentu akan menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk memberikan kepercayaan kepada Unida, terutama dalam hal pilihan perkuliahan mereka. Dengan sendirinya Unida akan tersosialisasikan kepada masyarakat luas.

Alumni berperan besar dalam pemberdayaan dan penciptaan peluang usaha, kerja dan magang, peluang beasiswa, serta distribusi berbagai macam informasi dan komunikasi yang penting mengenai dunia pendidikan dan kerja, merupakan beberapa contoh nyata yang dapat diberikan oleh alumni secara cuma-cuma dan tanpa pamrih melalui jaringan yang dimilikinya.

Alumni berperan nyata dalam pembentukan karakter mahasiswa, karena keberadaan dan posisi strategis para alumni yang berada di berbagai bidang usaha, lapangan pekerjaan dan institusi pendidikan dapat memberikan inspirasi dan motivasi yang tinggi kepada para mahasiswa(i), sehingga pada akhirnya dapat memotivasi mereka dalam menentukan target, pilihan utama dan cita-cita ke depan.

Kesimpulannya, bahwa postur dan profil alumni akan menunjukkan pencitraan dan kualitas sebuah almamater, disebabkan wadah ikatan alumni itu bukan sekadar forum silaturahmi antar alumni saja, tetapi juga wadah untuk berembuk dan mengomunikasikan upaya dan usaha dalam memajukan almamaternya. Ikatan alumni ini pada dasarnya memang untuk almamater, dan tidak kalah penting dari pembangunan sarana dan prasarana kampus, dan banyaknya kegiatan yang digagas oleh ikatan alumni selain memiliki peranan penting dalam memberdayakan ikatan alumninya, juga akan menjadi  sumbangsih yang besar bagi publikasi dan citra almamater yang dicintainya.